Jumat, 28 Maret 2014

Lead Vocal of SME

1. TVXQ Changmin

Nama Asli : Shim Chang Min
Tanggal Lahir : 18 Febuari 1988
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Golongan Darah : B
Tinggi Badan : 184 cm
Berat Badan : 61 kg
Hobi : Main game, menyanyi, membaca dan mendengarkan music
Jenis Suara : Tenor
Shim Chang Min yang kini menjadi leader vocalist dari duo TVXQ ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Changmin adalah anak dari seorang guru. Sewaktu ia masih kecil ia mempunya cita-cita sebagai seorang komentator olah raga.
Pada Awalnya si Changmin ini tidak tertarik untuk terjun ke dunia entertainment. Akan tetapi salah seorang temannya menyarankan dirinya untuk ikut dalam audisi yang diadakan oleh S.M Entertaiment. Lalu ia pun mencobanya.
Sebagai salah satu Leader Vocalist, Changmin memiliki gelar sebagai “ Top Tenor Voice “ karena suara tenornya yang sangat tinggi. Changmin pernah bilang kalau dia tidak ingin mengetahui sampai berapa tinggi nada yang bisa dicapainya. Karena ia sangat takut kalau itu akan mempengaruhi suaranya.

2. Super Junior Yesung

Nama Asli : Kim Jong Woonn
Tanggal Lahir : 24 Agustus 1984
Tempat Lahir : Cheona, Chungcheong Selatan, Korea Selatan
Golongan Darah : AB
Tinggi Badan : 178 cm
Berat Badan : 64 kg
Hobi : Menyanyi, olahraga, dan menari-nari gaje (?)
Jenis Suara : Baritone
Kim Jong Woon ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Karena berani tampil beda, Yesung menjadi paling menonjol diantara personil Super Junior lainnya. Yesung dikenal sangat sayang kepada keluarganya. Dia rajin menabung agar kedua orang tuanya nggak perlu kerja lagi di usia mereka yang tidak lagi muda.
Terkenal sebagai Leader Vocal di Super Junior Kim Jong Woon lebih terkenal dengan sebutan Yesung. Nah, nama Yesung sendiri merupakan terjemahan dari “ Art of Voice” atau suara yang berseni.
Yesung adalah pemilik suara husky di Super Junior. Nah inilah yang membedakannya dengan member lainnya. Yesung mampu menghayati sebuah lagu dengan sangat dalam dan mampu membuat orang yang mendengarkannya dapat merasakan apa yang dirasakannya. Ia juga dapat menggambarkan kepedihan hatinya lewat suaranya.

3. Girls Generation Taeyeon

Nama Asli : Kim Tae Yeon
Tanggal Lahir : 9 Maret 1989
Tempat Lahir : Jeonju, Jeolla Utara, Korea Selatan
Golongan Darah : O
Tinggi Badan : 162 cm
Berat Badan : 44 kg
Hobi : Berenang
Jenis Suara : Tenor
Kim Tae Yeon merupakan seorang leader atau pemimpin dari 9 orang gadis korea yang tergabung dalam Girls’ Generation. Taeyeon sendiri memiliki ukuran tubuh yang jauh diatas rata-rata member Girls’ Generation lainnya, karena ia memang tergolong member dengan perawakan yang mungil.
Taeyeon ini bisa disebut juga sebagai leader yang multi fungsi. Selain sebagai leader yang menjaga dan melindungi ke-8 adiknya di Girls’ Generation, Taeyeon juga terkenal sebagai leader vocal. Sebagai leader vocal memang kemampuan vocal Taeyeon sudah tidak dapat diragukan lagi. Pemilik suara tenor ini memang memiliki power suara yang sangat kuat dibandingkan dengan member lainnya. Dan hal inilah yang menjadikannya selalu punya part menyanyi paling banyak di Girls’ Generation.

4. Shinee Jonghyun


Nama Asli : Kim Jong Hyun
Tanggal Lahir : 8 April 1990
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Golongan Darah : AB
Tinggi Badan : 173 cm
Berat Badan : 56 kg
Hobi : Menyanyi, bermain piano, dan menulis
Jenis Suara : Tenor
Kim Jong Hyun merupakan salah satu personil SHINee yang sangat menyayangi keluarganya, terutama ibu dan adik perempuannya. Jonghyun ini termasuk member yang sangat cerewet dan sangat nakal di SHINee. Tapi dia juga member yang paling cengeng diantara member SHINee.
Jonghyun memiliki obsesi dapat menulis dan membuat lagu karyanya sendiri. Ia juga mempunyai impian dapat menguasai semua alat music. Hanya saja samapi sekarang ini ia baru menguasai piano dan gitar.
Sebagai seorang Leader vocal si Jonghyun ini jangan ditanyakan lagi kemapuannya. Meskipun ia terkenal sebagai member terpendek di SHINee tapi siapa sangka justru ia-lah yang menjadi member yang memiliki suara tertinggi. Bayangkan saja suara Jonghyun dapat mencapai 3 sampai 4 oktaf. Dan karena inilah pihak S.M memilih Jonghyun sebagai Leader Vocal di SHINee.

5. F(x) Luna

Nama Asli : Park Sun Young
Tanggal Lahir : 12 Agustus 1993
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Golongan Darah : A
Tinggi Badan : 164 cm
Berat Badan : 44 kg
Hobi : Akting
Jenis Suara : Tenor
Park Sun Young atau yang terkenal dengan nama Luna merupakan salah satu member F(x) yang ternyata mempunyai kembaran bernama Park Ji Young. Luna merupakan teman satu angkatan dengan Taemin SHINee, tetapi ia justru menjadi teman dekat dari Onew SHINee. Luna dan Onew memang sudah menjadi teman dekat saat mereka menjalani masa training bersama. Bahkan Onew SHINee mempunyai keinginan berduet dengan Luna.
Luna merupakan member F(x) yang serba bisa. Ia menjadi salah satu leader dance F(x) kerana kemampuannya dalam bidang dance. Dan kemampuannya dalam dance ini hampir menyamai Hyoyeon Girls’ Generation. Bahkan Luna dan Hyoyeon memiliki aliran dance yang sama sehingga mereka berdua sering dipasangkan dalam battle dance SMTOWN.
Luna memang terkenal sebagai member yang paling pendek diantara member lainnya. Tapi siapa sangka selain sebagai leader dance ia juga menjadi leader vocalist di F(x). Kemampuannya dalam bidang tarik suara ini memang sudah tidak diragukan lagi. Luna memiliki karakter suara yang hampir mirip dengan Taeyeon Girls’ Generation. Yang membedakannya dengan Taeyeon adalah power vocal Taeyeon yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan Luna. Tapi secara keseluruhan Luna juga sama baiknya dengan Taeyeon.

6. Exo K Baekhyun

Nama Asli : Byun Baek Hyun
Tanggal Lahir : 6 Mei 1992
Tempat Lahir : Bucheon, Gyeonggi, Korea Selatan
Golongan Darah : O
Tinggi Badan : 174 cm
Hobi : Mendengarkan music, menonton film, dan menyanyi
Byun Baek Hyun merupakan member dari EXO, yang kemudian dimasukan dalam subgroup EXO-K. Baekhyun adalah member EXO yang paling tidak tahu malu, aneh, dan sangat cerewet. Ia sangat terobsesi untuk bermain dalam sebuah film dan menjadi bintang CF. Bahkan jika ia mendapat tawaran CF, maka ia akan mencoba semuanya.
Bagi Baekhyun hal yang paling menyenangkan dalam hidupnya adalah saat ia mampu membuat D.O mencibir, Kai marah, Suho ngomel-ngomel, dan Sehun ngambek. Dan hal yang paling ia suka dalam hidupnya hanya 3 ciri khas suaranya, strobery, dan Chanyeol teman sekamarnya.
Di sub group EXO-K Baekhyun diposisikan sebagai leader vocalist. Kemampuannya dalam bidang menyanyi memang sangat luar biasa. Ciri khas vocalnya yang ngerock abis ini membuatnya mendapat jatah menyanyi paling banyak dibanding dengan member lainnya.

7. Exo M Chen

Nama Asli : Kim Jong Dae
Tanggal Lahir : 21 September 1992
Tempat Lahir : Korea Selatan
Golongan Darah : B
Tinggi Badan : 178 cm
Kim Jong Dae atau yang terkenal dengan nama Chen merupakan personil dari EXO, yang kemudian dimasukan dalam subgroup EXO-M. Bersama dengan Xiu Min, Chen merupakan personil EXO-M yang berasal dari Korea sedangkan ke-4 personil lainnya berasal dari China. Sama halnya dengan Suho, Chen adalah member EXO yang sangat dekat dengan Kyuhyun Super Junior.
Berbeda dengan EXO-K yang jauh mengunggulkan Baekhyun dibandingkan dengan D.O dalam setiap bagian lagu, EXO-M justru memberi porsi yang sama kepada Chen dan Luhan. Makanya mereka berdua sangat sulit dibedakan antara leader vocal 1 dan leader vocal 2. Berhubung si Chen ini lebih sering mengambil nada-nada tinggi dibandingkan dengan Luhan dan kebanyakan dari leader vocal itu bertugas menyanyikan lagu bernada tinggi jadinya aku berfikir bahwa Chen lah leader vocal 1.


Sumber : pratinaginung.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar